Kamis, 22 Oktober 2009


PENDIDIKAN BERBASIS JARINGAN KOMPUTER DAN INTERNET 2

23 October 2009

Melanjutkan tulisan yang pertama, kali ini kita akan membahas perangkat yang diperlukan untuk membangun pendidikan berbasis jaringan komputer dan internet di sekolah. Perangkat yang diperlukan antara lain :

Infrastruktur

Infrastruktur untuk membangun pendidikan berbasis jaringan komputer dan internet di sekolah meliputi :

  1. Server

    Server adalah komputer khusus yang bertugas melayani aplikasi-aplikasi jaringan. Tingkat kebutuhan spesifikasi server sangat beragam dan tergantung pada fungsi server dan sistem operasi yang terpasang. (Madcoms, 2003 : 21).

  2. Client Server

    Client Server adalah komputer yang memanfaatkan layanan dari server. Sistem operasi jaringan Client Server memungkinkan untuk mensentralisasi fungsi dan aplikasi kepada satu atau dua dedicated file server. Sebuah File server menjadi jantung dari keseluruhan sistem, memungkinkan untuk mengakses sumber daya dan menyediakan keamanan. Linux, Novel Netware, dan Windows NT adalah contoh model sistem operasi jaringan Client Server. (Madcoms, 2003 : 3).

  3. UTP

    Kabel twisted pair dapat dibagi menjadi dua macam yaitu shielded yang memiliki selubung pembungkus dan unshielded yang tidak mempunyai selubung pembungkus.

  4. Konsentrator

    Konsentrator adalah perangkat yang digunakan untuk memperluas dan menambah jumlah komputer dalam sebuah jaringan. Konsentrator terdiri dari dua jenis yaitu hub dan switch. Perbedaan keduanya pada kemampuan transfer data. Pada hub kecepatan transfer data adalah 6,25 Kbps sedangkan pada switch kecepatan transfer data adalah 100 Kbps. (Madcoms, 2003 : 19).

  5. Modem

    Modem singkatan dari Modulator Demodulator yang berfungsi untuk mengkonversikan data digital ke data analog dari komputer pengguna ke komputer server melalui jalur telepon dan sebaliknya. (Madcoms, 2003 : 127).

  6. Setting LAN

    Cara yang paling efektif dan efesien untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lain atau menghubungkan sejumlah komputer ke internet adalah dengan membangun jaringan lokal (local area network/LAN). Dengan adanya jaringan maka hanya diperlukan satu sambungan saja ke internet yang bisa dipergunakan secara bersama-sama oleh komputer yang tergabung dalam jaringan tersebut.

  7. Sharing Internet

    Agar semua computer client dapat terkoneksi dengan internet, maka koneksi internet di server harus di sharing ke dalam jaringan LAN.

  8. Trouble shooting Jaringan

    Jika koneksi antar komputer terputus maka kita harus mengecek penyebab putusnya koneksi tersebut. Adapun langkah-langkah pengecekan sebagai berikut :
    * Periksa Swicth menyala atau tidak
    * Periksa kabel UTP terlepas atau tidak
    * Periksa IP Address komputer tersebut sudah benar atau belum.
    * Klik kanan pada ikon LAN kemudian klik Disable kemudian ganti dengan Enable.

Sumber Daya Manusia (SDM)
Guru

Peranan guru tak kalah menentukannya terhadap keberhasilan pemanfaatan jaringan komputer di sekolah. Keberhasilan pembelajaran berbasis jaringan ini secara signifikan ditentukan oleh guru.

Laboran

Tenaga laboran sangat dibutuhkan ketika terjadi kerusakan komputer atau terjadi masalah dengan jaringan komputer. Hal ini disebabkan guru yang mengajar menggunakan jaringan komputer memiliki kemampuan terbatas untuk menangani kerusakan komputer dan putusnya jaringan komputer.

Content (Isi)

Content adalah materi pelajaran yang dikemas menggunakan media komputer. Content ada dua yaitu :

  1. Content yang dibuat oleh guru. Content ini bisa dibuat oleh guru menggunakan software aplikasi seperti powerpoint, flash atau menggunakan bahasa program seperti Visual Basic 6 atau Microsof Frontpage.

  2. Content yang dibuat orang lainBeberapa contoh produk software pembelajaran di Indonesia antara lain : Belajar Matematika Bersama Mr. Sicerdas untuk SD-SMP-SMA dari Wahana Komputer, Software Anak Cerdas dari Akal Interaktif dan Software Tutorial Komputer dari BambooMedia, dll

  3. Content yang didownload dari internet
    Beberapa contoh website pendidikan antara lain : www.google.com, www.pendidikan.net dan www.endonesia.com.

DAFTAR PUSTAKA
Abimanyu, Aris P. 2006. Pengenalan Internet. Semarang : ICT LPMP Jawa Tengah.
Madcoms. 2003. Dasar Teknis Instalasi Jaringan Komputer. Yogyakarta : Penerbit Andi.
www.isekolah.org.
Sumber foto : www.te.ugm.ac.id

Entry Filed under: Pendidikan. Tag: .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar